Laporan Realisasi APBDes T.A 2020 Kab. Kepl. Talaud

melonguane, Anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) adalah peraturan desa yang memuat sember – sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran desa dalam kurun waktu satu tahun. APBDes Terdiri atas bagian pendapatan desa, belanja desa dan pembiayaan.

APBDes disusun oleh pemerintah desa dan di tetapkan menjadi Peraturan Desa (Perdes) setelah melalui pembahasan bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

APBDes merupakan alat pengendali manajemen desa dalam rangka mencapai tujuan. Anggaran desa digunakan untuk merencanakan kegiatan apa saya yang dilakukan oleh desa beserta rincian biaya yang dibutuhkan dan rencana sumber pendapatan yang akan diperoleh.

Pengelolaan keuangan desa dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabilitas, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

Pengelolaan keuangan desa meliputi :

  • Perencanaan;
  • Pelaksanaan;
  • Penatausahaan;
  • Pelaporan;
  • Pertanggungjawaban.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan Keuangan Desa, Bab I Ketentuan Umum Bagian Kedua Pasal 2 ayat 1 : “Keuangan Desa dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran”

Prinsip Transparansi dalam penyampaian Pertanggungjawaban APBDes dimaksudkan agar memudahkan masyarakat mengetahui dan mendapatkan akses informasi seluas – luasnya tentang Pertanggungjawaban APBDes.

dibawah ini di lampirkan data laporan Realisasi APBDes Tahun 2020

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*